==SELAMAT DATANG DI BLOG ANAK-KAMPUNG==

"PERTAHANKAN ATAU MATI"

Senin, 15 November 2010

TUNTUTAN DAN PERNYATAAN SIKAP Masy. Sembuluh Thd PT. Kerry Sawit Indonesia

From: "Kompak Sembuluh" <kompak_sembuluh@...>
Subject: TUNTUTAN DAN PERNYATAAN SIKAP Masy. Sembuluh Thd PT. Kerry        Sawit Indonesia (KSI)


Nomor : 04/KS/IX/2003
Lampiran :
Perihal : TUNTUTAN DAN PERNYATAAN SIKAP
Kepada :
              Saudara Pimpinan PT. KSI
              [ PT. Kerry Sawit Indonesia ]
              di-
                   Tempat


Salam lestari.
KOMPAK Sembuluh [Komunitas Masyarakat Pengelola  Kawasan Sembuluh] merupakan suatu organisasi rakyat  yang tumbuh dengan tujuan untuk Mengayomi hak-hak  masyarakat, Memperjuangkan sistem penglolaan kawasan dan SDA berbasiskan rakyat, berkeadilan, demokratis dan berdasar kearifan lokal, kelestarian fungsi  lingkungan yang bermanfaat bagi kesejahteraan rakyat dan dadah perjuangan rakyat untuk memperoleh manfaat dari sumber daya alam secara adil dan berkelanjutan. Sesuai dengan tujuannya KOMPAK Sembuluh telah menaruh perhatian yang tinggi terhadap beroperasinya berbagaiperusahaan perkebunan sawit, khususnya PT. KSI diwilayah kawasan Sembuluh, Kecamatan Danau Sembuluh,Kabupaten Seruyan Kalimantan Tengah, dimana sebetulnya keberadaaan perusahaan PT. KSI dan perkebunan sawit lainnya masih menyisakan permasalahan berupa perbedaan sikap masyarakat atas keberadaan dan penyelesaian berbagai hak-hak atas tanah dan berbagai persoalan lain yang belum dapat diperjelaskan oleh perusahaan, maka dengan ini KOMPAK Sembuluh menyampaikan beberapa sikap dan tuntutan, sebagai berikut :
1. Perusahaan PT. KSI harus dapat menjelaskan dan menegaskan berbagai konstribusi nyata yang sekiranya dapat mendorong kepada arah percepatan pengembangan ekonomi masyarakat lokal yang betul-betul real, nyata dan langsung dirasakan oleh masyarakat.
2. Perusahaan PT. KSI semestinya memprioritaskan tenaga kerja bagi tenaga kerja dari masyarakat lokal dan bukan hanya sebagai buruh harian kasar, dalam hal ini bukan bermaksud menolak pekerja luar, tetapi sumberdaya manusia lokal juga harus memperoleh kesempatan yang luas. Demikian juga halnya perusahaan sebaiknya menjalankan upaya pemberdayaan dan pembinaan kepada pelajar dan pemuda untuk mengembangkan tingkat pendidikan dan keterampilan, apabila ada pendapat bahwa kapasitas dari tenaga kerja lokal masih lemah melalui fasiltas beasiswa, kursus, pelatihan dll.
3. Upah buruh perkebunan harus sesuai dengan kebutuhan hidup rakyat, untuk hal ini perusahaan harus dapat memberikan penilaian yang objektif terhadap kebutuhan tenaga kerja dan nilai kerja yang dapat dijalaninya sebelum berbagai sumber kehidupannya tergusur akibat adanya dampak dari pembukaan perkebunan sawit [misalnya nelayan, ladang dan perkebunan rakyat].
 4. PT. KSI juga harus dengan tegas dapat memberikan jaminan bahwa tidak melakukan pemaksaan dan intimidasi serta memanfaatkan kekuasaan dan aparat, atas keputusan anggota masyarakat dalam menentukan pilihan jenis mata pencarian dan penggunaan lahan dan kawasannya, termasuk juga kepada masyarakat yang dengan jelas sudah menyatakan ketidak setujuannya atas pembukaan lahan dan hutan rakyat untuk perkebunan sawit. Pelanggaran atas ini kami nilai sebagai suatu pelanggaran HAM.
5. PT. Kerry Sawit Indonesia juga harus dapat memberikan jaminan untuk tidak menimbulkan dan mengakibatkan dampak buruk terhadap lingkungan, yang dapat berakibat rusaknya kawasan Sembuluh, baik kehidupan darat ataupun kehidupan perairan danau Sembuluh. Agar diketahui bahwa masyarakat Sembuluh sangat bergantung dengan perairan danau Sembuluh. Untuk itu harus dipastikan bahwa tidak akan ada dampak negatif [erosi, sendimentasi dan pencemaran] dari perkebunan yang saudara buka, terlebih lagi ketika musim hujan.
6. Sebagai upaya peningkatan pembangunan desa, PT. KSI juga sebaiknya dapat menjelaskan konrtibusi langsung terhadap pembangunan desa dan masyarakat desa.
Kami berharap PT. KSI dapat memberikan penjelasan ini, sehingga ada kepastian masa kedepan bagi masyarakat dan kawasan Sembuluh.

Sekian.
Sembuluh, 08 September 2003
Komunitas Masyarakat Pengelola Kawasan Sembuluh [ KOMPAK SEMBULUH ],

Tidak ada komentar:

Posting Komentar